Senin, 27 Februari 2012

JALAN-JALAN - Situs Batu Jaya


Hari ini, kami menyempatkan berkunjung ke lokasi situs Batu Jaya yang terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batu Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sekedar panduan arah, alhamdulillah, jembatan penghubung antara Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi yang melintang di atas Sungai Citarum telah selesai dibangun. Dari Jembatan ini, lokasi sudah tak berapa jauh lagi dan tampaknya akan sangat mudah ditemukan. Lagi pula, di jalan masuk ke desa di mana lokasi situs berada telah dibangun gapura berukuran besar yang menunjukkan keberadaan lokasi ini. Setelah melewati gapura ini, anda hanya akan menempuh perjalanan yang singkat saja. Sebuah tanda arah sengaja dipasang di sisi jalan untuk menunjukkan arah masuk ke lokasi situs, sedangkan bila anda berniat mengunjungi dulu museum yang berhubungan dengan situs, anda hanya melewati jalan masuk tadi dan museum hanya beberapa puluh meter saja jaraknya dari sana. Masuk ke jalan menuju lokasi, anda akan diminta untuk mengisi daftar buku tamu. Bila anda menggunakan kendaraan roda empat, anda harus memarkir kendaraan di sini, karena saat ini, jalan yang ada, walaupun telah dilapis aspal cor, lebarnya hanya berukuran kira-kira 1,5 meter saja. Sedangkan kendaraan roda dua bisa dengan leluasa masuk ke tiap situs di dalamnya.
Situs terdekat adalah Unur Jiwa. Anda bisa masuk ke dalam situs ini dan bisa melihatnya dari dekat.

SITUS UNUR JIWA

Situs selanjutnya adalah Situs Unur Lempeng. Jalan masuk ke dalam situs ini belum lagi dibuat pada saat tulisan dan gambar ini dimuat. Anda harus melewati pematang sawah untuk bisa masuk ke lokasi.

SITUS UNUR LEMPENG

Situs selanjutnya adalah Situs Blandongan. Jalan masuk berakhir di situs ini pada saat tulisan dan gambar ini dimuat.

SITUS BLANDONGAN

Sebenarnya masih ada beberapa situs lagi yang belum sempat kami abadikan. Namun karena untuk menuju ke lokasi harus menempuh jalan lain dan juga karena keterbatasan waktu, untuk sementara hanya tiga situs ini yang sempat kami abadikan. Semoga di lain waktu dan kesempatan, kami bisa mendatangi semua situs-situs lainnya yang ada di lokasi tersebut dan memuatnya di sini.

Mari kita jaga dan lestarikan peninggalan bersejarah ini. Jangan rusak keberadaannya dengan ulah-ulah jahil kita. Jangan kotori lokasi tersebut dengan perbuatan-perbuatan yang tidak senonoh. Hargai peninggalan leluhur, semoga bangsa kita akan menjadi bangsa yang dihargai oleh bangsa lainnya. Mari kita mulai memupuk kesadaran itu sejak sekarang...

BETAWI BEKASI BERSATU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar